Posted by: danummurik | August 8, 2013

Lebaran Bagi Para Penuntut Ilmu

Baru saja kita melewati ibadah ramadhan, kita sudah terbiasa selama seharian penuh menahan haus dan lapar, menahan perasaan dari amarah, keinginan syahwat dan kita khusu’ beribadah siang dan malam. Setelah itu, adakah yang tersisa dari ramadhan. Idul Fitri sebagai tonggak kehidupan baru, manusia dikatakan seperti bayi yang baru lahir hendaknya parallel dengan perilaku ramadhan itu. Kemampuan menahan lapar, haus, khusu’ dan daya tahan dari godaan adalah senjata utama bagi penuntut ilmu.

Lokasi kota Puruk Cahu Kalimantan Tengah, 19 November 2012

Lokasi kota Puruk Cahu Kalimantan Tengah, 19 November 2012

Marilah kita untuk selalu haus dan dahaga terhadap ilmu pengetahuan yang diberikan di kampus, kita jangan puas begitu saja. Bertanya dan terus bertanya dalam hati maupun lisan terhadap materi  pengajaran yang diterima. Berdiskusi dan berdebatlah agar kita tahu bahwa kita tidak tahu. Kita pun selalu kelaparan dan tidak pernah kenyang untuk terus melahap bacaan-bacaan penting, buku demi buku pelajaran. Jangan berhenti untuk merasa haus dan lapar pengetahuan, sebab yang kita dapatkan selama ini hanya setetes air di lautan. Pun, otak kita hanya digunakan beberapa persen saja.

Di kala malam telah tiba, atau di tengah hiruk pikuk kehidupan, kita mampu menyepi di tengah keramaian. Kita sudah terbiasa dengan khusu’, saatnya  kekhusuan itu digunakan untuk belajar. Atau segala apa yang menjadi tugas, makalah, proposal, dan telaah ilmiah apapun kita selesaikan dengan konsentrasi penuh. Ingatlah air yang terus-menetes akhirnya membuat lobang pada batu yang keras.

Wahai pencari ilmu, jangan lupa kita punya satu kekuatan lagi yakni daya tahan terhadap godaan mata, perut dan di bawah perut. Inilah benteng terakhir kita. Bawalah segala perilaku dahaga ilmu, lapar bahan bacaan sumber ilmu pengetahuan dan khusu dalam belajar dalam benteng kokoh itu. Maka dari itu, wahai pencari ilmu kita harus percaya diri. Saatnya kita menghunus senjata itu memerangi kebodohan dalam diri kita serta membawa kita kepada kehidupan minadzdzulumati ilannuur.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H

MAAF LAHIR DAN BATIN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: