Posted by: danummurik | January 28, 2010

Martir Cinta

Banyak cara agar cinta itu abadi menjadi kenangan sepanjang hidup. Antara lain dengan mengungkapkan kasih sayang kala Valentine’s Day setiap14 Februari saban. Suka atau tidak, Valentine’s Day kini mendunia. Sebagian kalangan menganggap, pada 14 Februari inilah kesempatan paling tepat mengungkapkan kasih sayang.

Valentine’s Day terjadi karena keyakinan Kaisar Calaudius di Roma, jika pria tak menikah, maka mereka akan dengan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Para pasangan muda menganggap keputusan ini sangat tidak manusiawi. Penolakan dilakukan Santo Valentine, pendeta yang menganggap keputusan Claudius aneh. Sang pendeta kemudian menikahkan pasangan muda secara diam-diam.

Tindakan Santo Valentine itu membuat sang kaisar murka. Kaisar menghukum mati Santo Valentine pada 14 Februari. Sebelum meninggal, Valentine menulis pesan, “Dengan Cinta dari Valentinemu”.

Topik tentang cinta selalu menarik dibahas. Jika peristiwa Valentine’s Day dijadikan perayaan setiap 14 Februari, sebenaranya tak hanya itu yang menarik untuk diungkapkan. Karena banyak lambang cinta di tempat lain.

Taj Mahal misalnya. Ia adalah bentuk lain pernyataan cinta dari India. Bangunan setinggi hampir 60 meter yang dibuat dengan basis batu marmer dan beberapa bagiannya diberi ukiran, hiasan, lapisan emas, perak, dan berlian, merupakan persembahan Shah Jehan untuk mengenang istri tercintanya, Mumtaz Mahal.

Di Indonesia legenda Candi Prambanan adalah usaha cinta dari Bandung Bondowoso untuk mempersunting Roro Jongrang yang meminta syarat membangun seribu candi hanya dalam tempo satu malam. Sayang, upaya Bandung Bondowoso sia-sia. Candi belum selesai dibangun, mentari telah terbit.

Tema tentang cinta yang tak pernah selesai, menjadi inspirasi bagi yang sedang dilanda asmara. William Shakespeare menulis kisah cinta tragis Romeo and Juliet. Di tanah Arab muncul kisah Cinta Qais dan Laila. Penulis lagu menjadikan cinta sebagai tema yang tak ada habis-habisnya.

Namun, cinta yang kadang kurang realistis bisa-bisa jadi martir cinta, seperti Romeo yang bersedia mati dengan meminum sisa racun yang diteguk Juliet.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: