Posted by: danummurik | November 22, 2008

Iseng-iseng…

Entah kenapa tiba-tiba muncul pikiran isengku untuk ngerjain teman-teman sedang mengerjakan tesis UGM. Maka segera kuketik sms:

“Cara mudah mendapat gelar M.A. UGM: SELESAIKAN TESIS. Maaf salah kirim”

Sms itu kukirim ke beberapa orang teman. Ini sebenarnya agak beresiko, karena menanyakan tesis saja kepada orang yang tengah mengerjakannya merupakan pertanyaan yang paling tidak disukai apalagi pernyataan seperti itu. Aku sendiri pernah mengalaminya, pertanyaan “kapan tesismu selesai?” adalah pertanyaan yang menyerang psikologi orang bersangkutan. Berat rasanya memberikan jawaban, apalagi kepada yang sedang mengalami kesulitan menulis atau dosen menyuruh merubah tulisan yang sudah kita bikin bersusah payah. Lebih berat lagi kalau yang bertanya tidak tahu proses dari meneliti, menulis tesis, hingga diujikan. Mereka cuma bertanya sesuatu yang kelihatan gampang “kapan kamu wisuda?”. Alamak, pertanyaan itu ringan diucapkan, tapi bagi yang menjawab beratnya minta ampun.

Tak tahukah dia, betapa susahnya nulis tesis. Harus jungkir balik siang jadi malam, malam jadi siang, lupa waktu dan lupa segalanya. Hingga akhirnya, pusing, stress dan sakit. Aku pernah mengeluh seperti itu, tapi ada yang menjawab dengan bijak “kalau nggak susah nulisnya, berarti itu bukan tesis”. Benar juga ya..

Akhirnya setelah sms ku terkirim, gak lama hpku berbunyi nada sms balasan. Jawaban salah seorang teman sangat singkat dan penuh makna: “Assuuu…!!!” He..he.. senangnya bisa ngerjain dia, dalam hati aku berkata “sorry boi, just kidding. Be strong…”. Tak lama kemudian menyusul balasan sms lain, ini lebih serius dan responsif “Ha3. Ide bgus utk sms. Nggak salah kirim kok. Trims ya”.  Hmmm, rupanya ada yang menanggapi positif keisenganku, syukur-syukur memotivasi teman-teman untuk giat menulis. Namun, sms ketiga ini yang bikin aku agak sedih “Trimksh udh ngingatin aku. Skg aku lg d kmpung nenekku mnggl jd blum ujian”. Begitu baca sms itu, segera ku balas dengan ucapan berduka cita.

Ternyata aku hanya dapat tiga balasan sms, padahal kukirim untuk beberapa nomor, tapi biarlah. Semoga keisenganku ini memacu kita untuk lebih hardwork menulis, karena tidak ada keberhasilan yang turun begitu saja dari langit.

Ayo semangat kawan, harus selesai.


Responses

  1. ada-ada ajah ya mas

    mas Inas, ada award dan pe-er neh buat mas di blog sy, terima ya..hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: