Posted by: danummurik | May 27, 2008

Moment Indah Bersepeda Ontel

Naik sepeda Ontel di Jogja begitu menyenangkan, karena ruang public jalan raya menyediakan tempat untuk pengendara sepeda. Berbeda dengan kota-kota lain, kita akan menemukan kesulitan naik sepeda Ontel, pengendara sepeda motor maupun mobil tidak memperhatikan keberadaan pengguna sepeda. Rasanya kuliah di Jogja belum betul-betul terasa kalau tidak pernah naik sepeda Ontel.

Sebagai pengguna Ontel saya makin bangga pada saat kenaikan harga bensin, karena tidak pusing beli minyak kesulitan saya hanya ketika naik sepeda pada jalan yang menanjak. Namun yang menarik dari bersepeda adalah memanfaatkan moment untuk berpose, bagian inilah saya ingin sampaikan. Dengan gaya akan mengayuh sepeda dan Jamil yang berambut gimbal mau membonceng di belakang sebuah kilatan kamera mengabadikan moment ini.

Suatu ketika menjelang lebaran Idul Fitri, saya ingin mengirimkan ucapan lebaran kepada teman-teman meskipun sekarang sudah diwakili via sms namun lebih mengesankan kalau memakai kartu lebaran apalagi buatan sendiri. Iseng-iseng saya mengajak Jamil mencari tempat yang bagus untuk berfoto, akhirnya gedung Lengkung UGM jadi sasaran kami. Foto di bawah inilah hasilnya.

Menurut anda, bagaimana latar belakang saya berfoto bagus kan? Yang tidak bagus barangkali orang di atas sepeda Ontel itu. Entah kebetulan saya pas moment memotret atau karena Jamil memang layak jadi fotomodel yang jelas foto di bawah ini lebih bagus dari foto saya.

Sambil membawa sepeda Ontel dengan latar belakang kolam dan masjid/musholla, dan modelnya berambut gimbal bagaimana menurut anda teman? Entah kenapa berfoto di atas ontel menjadi ketularan dengan teman-teman di asrama mahasiswa Banjarbaru, akhirnya sepeda ontelku mendapat tempat terhormat di tengah-tengah calon dokter yang berjejer berdiri.

Kalau saya pulang ke kampung halaman, jadi ingat Jogja ingat pula sepeda, kebetulan jalan-jalan dengan keponakan saya juga memakai sepeda. Sesekali untuk menyenangkan keponakan saya berfoto dengannya di atas sepeda, dan begitu juga keponakan saya yang lain ketika berangkat ke sekolah sempat saya abadikan mereka bersepeda.

Meskipun tukang foto amatir, saya ingin berbuat surprise kepada teman SD sekelas dulu yang melaksanakan perkawinan. Bingung mencari tempat yang pas untuk pasangan pengantin berfoto, kebetulan ada sepeda maka saya suruh mereka berdiri dekat sepeda dengan latar belakang sungai Barito. Jadi foto perkawinan seperti ini.

Terakhir, abadikan moment hidup anda di atas ontel.


Responses

  1. Sewaktu SMA di Solo, aku sering ke Jogja naik sepeda. Mampir di sumber air di Delanggu dulu utk mandi dan makan pecel, sate keong/bekicot dan belut goreng. Waktu itu ada jalur khususnya. Tak tahu sekarang ini ya?

    Memang asyik naik sepeda ontel.

    Wah, saya belum nyampe ke sana mba. Semoga nanti bisa mencoba.

  2. wah..ontel dengan aneka cerita..
    Tulisan yang menggugah selera Mas..

    Ayo mas naik sepeda Ontel

  3. di hari lingkungan naik sepeda ontel sepertinya jadi tema yang tepat

  4. yaku jadi senyum-senyum kabuat mambaca jituh, taingat yaku kia umba sepeda ontel je kan jogja bihin dengan mum,,,,heee..kuman soto banjar kia,,,kapan lagi nih kita kejogja..??

    Hahahaha… Bujur ahum Jai ai, en si Yaman ada kia lah sapeda ontel.

  5. haaaa,,, dada nasai,,je ada unta ontel be….kakueh tuh nas handak tau kia tuh manulis, mulai balajar coret2 be lagi,,lagi mamikiran mili alate tuh, mudahan be ada barajaki kareh tau kia balajar mancoret buku denganum.., utuh te lagi minjam2 kawal be lagi,,,heeee.

    Ela manunggu alat ei ada kareh dada tatulis-tulis. Cukup bil kalam beh.


Leave a Reply

Categories

