Posted by: danummurik | March 27, 2008

Seperti di Sydney Harbour Bridge

 

    rumpiang.jpg

    Hari Ahad 23 Maret 2008 lalu, saya pulang kampung meskipun tidak benar-benar nyampe di kampung sendiri. Cuma tiba di Marabahan ibukota Kabupaten Barito Kuala, kampung saya mesti terus lurus ikut sungai Barito, ke sananya mesti lewat sungai yang angkutan transportasi cuma hanya ada pada jam-jam tertentu.

    Kota Marabahan dulunya, dulu sekali.. di zaman kerajaan Banjar, kata orang merupakan bandar dagang internasional terpenting. Namun kejayaan Marabahan, setelah itu berangsur-angsur surut, seperti musim kemarau terus kering dan belum pernah pasang kembali.

    350px-sydneyharbourbridge1_gobeirne.jpg

    Sekarang Marabahan berusaha untuk maju kembali dengan cara membuka isolasi diri, maka salah satunya dibangunlah Jembatan mirip jembatan di Sydney yakni Jembatan Sydney Harbour adalah jalur utama untuk menyeberangi Pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) yang menghubungkan distrik bisnis sentral Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney). (sumber : wikipidea.org).

    Sedangkan jembatan di Marabahan tersebut, tepatnya berada di desa Rumpiang dan dinamakan Jembatan Rumpiang yang menghubungkan kota Marabahan dengan kecamatan Cerbon. Terhubungnya dua daratan oleh jembatan Rumpiang tersebut, akan memudahkan akses ke kota Banjarmasin (ibukota Kalimantan Selatan) dan juga nantinya akan mempertemukan jalur darat antar kabupaten Batola dan Kabupaten Tapin.

    abin.jpg

    Nah, di atas Jembatan Rumpiang itu mata kita bisa memandang luas ke berbagai arah. Tampak pepohonan masih menghijau, barisan gunung-gunung berjejer di kejauhan seperti para prajurit kerajaan yang sedang menjaga keamanan istana dari serangan musuh. Di bawah jembatan, terbentang sungai Barito. Mubin keponakanku yang ku bawa jalan-jalan ke jembatan Rumpiang tersebut, dia asyik sekali melihat tug boat yang menarik tongkang batu-bara. Dia berteriak-teriak kegirangan, ku biarkan saja dia bebas lepas mengekspresikan dirinya di atas jembatan mirip Sydney itu.

    Aku sendiri memikirkan hal lain, lebih tepatnya berharap semoga jembatan ini bisa jadi media yang menghubungkan kabupaten Barito Kuala dari salah satu kabupaten tertinggal di Indonesia menuju kabupaten yang maju dan berdiri sejajar yang memberi kemakmuran bagi rakyatnya.


Responses

  1. Jembatan Rumpiang ini bisa jadi tempat wisata juga loh bang🙂

    Salam kenal juga,

    Dudin

    Benar Dudin, semoga pemerintah daerah bisa memaksimalkan penggunaan Jembatan Rumpiang tersebut.

  2. mudah2an jgn jembatannya aja yang mirip Jembatan Sydney Harbour tapi jalannya juga harus dimirip2in yaaa,,,tanggal 1 April 08 saya juga pernah mampir, kebetulan kami lewat disana,waktu pulang dari jembatan rumpiang, suasana Jembatan Sydney Harbour berubah menjadi jalanan latihan off road. mudah2an pemerintah bisa memirip2kan juga jalannya seperti jalan Sydney sana walaupun saya juga belum pernah liat jalanan Jembatan Sydney secara langsung. tapi yang saya heran, sebelum adanya jembatan rumpiang kita hanya bisa menuju kota marabahan dengan hanya menggunakan penyeberangan ferry, rumpiang sudah menampakan keindahannya lalu dikemanakan mata pencaharian penduduk yang sebagai pengemudi ferry tersebut. berarti pengangguran bertambah donk.;-)

    He…he… ironi memang😦

  3. Mudahan jembatan Rumpiang bisa kita rawat bersama

    Salam,
    Abdus

  4. hmmm..jembatan baru yach?..malam2 ada lampunya gak..n klo dari jembatn barito itu jauh gak?…..

    Jelas kalo malam ada lampunya, yang terlihat indah di kejauhan dan cahayanya yang memantul di permukaan sungai Barito.

  5. Kalo’ kamu naik jembatan rumpiang serasa di Sydney…..
    Soalnya saya pernah ke sana…….

    Selamat menikmati jembatan yang serasa di Sydney

  6. sayang pas pulang kampung pertengahan oktober 2008 kmrn aku ga sempet foto2 di jembatan rumpiang, padahal waktu itu lewat rumpiang cz aku lagi nyoba jalur marabahan margasari naik motor…mudah mudahan klo ada waktu main ksna lg….jembatannya mirip bgt kaya di sidney

    Ayo kembali ke Kampung.

  7. eheeeemmm…

    sayang banget waktu jalan2 ke marabahan, jembatan rumpiang nya belom jadi…..

    kapan lagi ya bisa jalan2 ke marabahan lagi ?????

    @_@

  8. semoga marabahan tumbuh berkembang dengan cepat jadi kabupaten kebanngaan kal sel.

    Amien


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: