Posted by: danummurik | March 11, 2008

Berdagang di Jukung

Gambar di samping adalah jukung rombong, di dalamnya tempat orang berjualan soto dan gado-gado. Irin (50 th) sebut saja nama pria pemilik jukung sekaligus penjual soto dan gado-gado, ia menyusuri sungai Barito kemudian singgah dari satu kampung ke kampung lainnya untuk berdagang. Untuk keperluan bahan makanan, seperti beras ayam, kecambah, bumbu dan lain-lain, Irin membeli di kampung-kampung yang ia singgahi.

Di dalam jukung rombong, bisa dimasuki 2 hingga 3 orang dewasa, kalau mereka mau makan gado-gado tinggal masuk saja ke dalam jukung itu. Dan menunggu Irin membuatkan pesanan, untuk air minum Irin hanya menyediakan air putih saja (kadang-kadang tidak dimasak ).

Bagi yang ingin membawa makanan, tinggal membawa piring masing-masing untuk dimakan di rumah. Seperti dalam gambar seorag ibu membawa soto yang dibelinya dari Irin. Sedangkan anak kecil di sampingnya, numpang foto sambil menunggu makanan pesanannya dibuatkan oleh Irin. Kalau anda mau makan, jualan Irin untuk setengah porsi harganya Rp. 3000,- porsi full rogoh di kantong anda satu lembar Rp. 5000,- biar Irin tidak susah mengembalikannya “pas” katanya.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: