Posted by: danummurik | December 28, 2007

Tato

Aku pernah menjadi pembicara dihadapan pemuda-pemudi Yogyakarta, dengan tujuan sedikit memberikan bekal mereka pengetahuan tentang Kalimantan Selatan. Maklum mereka akan menjadi duta propinsi DIY untuk program pertukaran pemuda antar propinsi. Nah di antara sekian pertanyaan, salah satu yang menarik adalah; apakah orang Dayak sampai sekarang pakai Tato?

Aku diam sejenak, kemudian menjawab tidak juga malah hanya sedikit orang Dayak pakai Tato. Aku menambahkan, dan keterangan tambahan aku ini agak membuat dia terkejut “aku kira di Jogja orang lebih banyak pakai tato. Liat aja tuh malah ada tempat khusus untuk orang bikin tato”. Penanya itu diam, kena deh lho..

Tato sekarang nampaknya mengalami pergeseran makna, bagi orang Dayak culture mereka membikin tato menjelaskan status mereka di masyarakat. Sekarang orang bertato kelihatannya supaya sangar dan menakut-nakuti orang. Liat aja tuh preman, penjamret, perampok apabila tertangkap basah digebukin massa, kemudian pakaiannya dilepas ketemu deh tatonya.

Yang aku lihat di Jogja beda lagi, ibu penjual nasi di dekat kost aku sekarang punya pembantu baru. Anak cowok, tubuhnya agak kurus dan pendiam. Tapi ko’ dia pakai tato, nggak lazim dalam pikiran aku mau-maunya bertato jadi tukang cuci piring, bikin air teh pula. Kalo di tempat aku tato kaya gitu ngga bakalan jadi pembantu di warung makan, mereka kebanyakan preman, tukang palak, pemabuk suka bikin takut orang. Padahal tato sebenarnya ngga harus seram, tato juga seni kata orang-orang seni tentunya.


Responses

  1. Hai..Aku butuh alamat tempat buat bikin tatto yang ok!!!! khusus di jogja aja yach…. thank’s before….

    Ayo siapa yang bisa bantu


Leave a Reply

Categories

