Posted by: danummurik | December 28, 2007

Minum Teh

Perkara minum teh bagi aku bisa jadi topik menarik di Jogja ini, orang-orang Kalimantan yang baru datang kalo mau minum teh hangat jangan coba-coba pesan teh hangat. Sebab teh hangat untuk ukuran Kalimantan di sini sama dengan teh dingin, jadi kalo pesan teh hangat bilang aja teh panas. Kalau mau teh panas, bilang aja teh panaaaaaaaassss Gitu lho…

Gimana kalau minum teh pake es, orang Jogja kayanya baik hati. Cukup aja lah bongkahan es dimasukkan ke gelas minum, malah ditumbuk-tumbuk jadi kecil-kecil. Eh ternyata malah lebih mudah masukin dalam gelas, aku kira es kecil-kecil itu es sisa minuman orang terus dikumpulin.. Ihhh…

Bongkahan es memang dari sananya besar, tapi ternyata ditumbuk-tumbuk lagi supaya lebih kecil. Lha aku jadi kepingin juga, malah sering minta ditambahin batu es nya kalau di gelas aku udah berkurang.

Oh iya, cerita orang tua di kampung kalo zaman penjajahan dulu kalau minum teh gulanya seperti batu. Jadi nggak kecil seperti sekarang. Tapi ketika teman-teman ngajak aku ke Kaliurang, kata mereka di sana nanti sambil minum teh poci. Pikir aku, apaan itu teh poci? Aneh nian kedengarannya.

Ternyata kami disuguhkan minuman teh, pocinya mirip teko punya Aladin yang digosok bisa keluar jin tapi di sini tidak bisa keluar karena terbuat dari tanah liat, begitu juga gelas. Air teh panas, menguapkan bau khas daun teh. Aku tuangkan ke dalam gelas kecil, ko’ rasanya hambar. Rupanya aku ketinggalan memasukkan gulanya dan ternyata ketemu gula jaman Belanda itu bentuknya segi empat seperti ibu jari. Cukup dimasukkan dua bongkah, hmmm lumayan nikmat dan menghangatkan badan dari dinginnya Kaliurang.


Leave a Reply

Categories

